Minggu, 10 Juni 2018

BERHATI-HATI SAAT PERJALANAN MUDIK CEK REM KENDERAANNYA

BERHATI-HATI SAAT PERJALANAN MUDIK CEK REM KENDERAANNYA



BERHATI-HATI SAAT PERJALANAN MUDIK CEK REM KENDERAANNYA


Perjalan panjang saat mudik menggunakan mobil pribadi atau pun motor perlu hati-hati masalah yang kerap terjadi adalah rem blong. banyak Kasus Kecelakaan yang disebabkan rem blong. Untuk itu, pemudik juga harus mewaspadai resiko rem blong.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, berbagai tips untuk pengemudi yang ingin mudik agar tidak mengalami masalah rem blong. Tips pertama adalah, pastikan kondisi rem asli dan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan.

"Karena rem yang berkualitas rendah kurang tahan  terhadap panas tertentu," ungkap Sony.

Pemudik juga tidak disarankan membawa barang atau penumpang hingga melebihi batasnya (overload). Overload barang akan berakibat kerja rem lebih berat ketika harus stop n go ( saat macet).

"Biasakan menggunakan engine brake (rem non friksi) saat mengemudi, membantu kerja brake pad lebih ringan," ungkap Sony.

Hindari penggunaan Part modifikasi rem seperti cover rumah brakepad. Sebab, modifikasi cover rumah brakepad itu bisa membuat rem cepat panas.

"Yang jadi masalah adalah aliran angin yang seharusnya mendinginkan breakpad itu tertutup oleh sarung tersebut," ungkapnya.

Sony juga menyarankan kepada semua pemudik agar tidak memaksakan diri dengan kendaraan. Beristirahatlah secara rutin. Dengan interval perjalanan paling lama 4 jam sekali," ungkap Sony.


Sony juga tidak menyarankan pemudik untuk menyiram rem yang masih panas dengan air. karena , uangkap Sony, ketika setelah rem bekerja berat  dan panas kemudian di siram air dengan berharap  mengurangin panas, kemungkinan yang dapat terjadi adalah komponen rem akan lebih cepat rusak bahkan bisa pecah atau retak.

"Yang benar adalah diamkan sejenak, biarkan panas tersebut berkurang perlahan. Setelah dingin baru mungkin bantu angin," ungkap Sony.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEORANG SOPIR TRUK BATU BARA MENDADAK TEWAS DI WARUNG KOPI

SEORANG SOPIR TRUK BATU BARA MENDADAK TEWAS DI WARUNG KOPI  Hingga saat ini penyebab meninggalnya sopir truk batu bara, Rudi (54) di Ke...