Minggu, 24 Juni 2018

NAPI KABUR DARI LAPAS PORONG SIDOARJO SAAT DAPAT TUGAS NYAPU DI LUAR LAPAS

NAPI KABUR DARI LAPAS PORONG SIDOARJO SAAT DAPAT TUGAS NYAPU DI LUAR LAPAS


NAPI KABUR DARI LAPAS PORONG SIDOARJO SAAT DAPAT TUGAS NYAPU DI LUAR LAPAS



Seorang narapidana kasus pembunuhan yang sedang menjalanin hukuman di Lapas Porong kabur saat mendapatkan tugas nyapu di luar lapas.

Jidi merupakan napi kasus pembunuhan yang di vonis hukuman penjara selama 13 tahun dalam sidang di Pengadilan Negri (PN) Surabaya tahun 2013 silam.

 Narapidana yang masuk hukumannya yang masih kurang sekitar 6,5 tahun itu di ketahui menghilang dari Lapas Porong sejak Sabtu (23/6/2018) siang.

Hingga sekarang, Petugas lapas maupun pihak Kepolisian belum dapat menemukan keberadaaannya.

"Kami masih berusaha mencarinya. Yang bersangkutan menghilang sejak Sabtu siang, ketika kunjungan di lapas sedang sangat banyak yang tersisa libur lebaran ini," jawab kepala Lapas Porong, Pragiyono, saat dikonfirmasi Surya, Minggu (24/06/2018) malam.

Tiga bulan terakhir, jidi sedang menjalanin masa asimilasi sebagai petugas kebersihan bagian luar, alias menjadi tamping.

Dengan posisi itu, dia dikeluarkan dari ruangan tahanannya sejak pukul 07.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB, untuk menjalanin tugasnya membersihkan halaman  lapas.

Nah, hari Sabtu kemarin ketika pengunjung lapas sedang membeludak Jidi tak kunjung masuk ke dalam lapas sampai siang, Dicari ke berbagai lokasi di area lapas juga tidak dapat menemukan Jidi.

Padahal, tiga rekannya sesama tamping yang bertugas membersihkan halaman lapas sudah kembali masuk di ruang tahanan.

"Sekitar pukul 15.30 WIB saya dilaporkan keoala keamanan bahwa dari empat narapidana yang menjalanin asimilasi itu, ada satu yang hilang. Karena dicari tak kunjung ketemu, akhirnya dinyatakan melarikan diri dari lapas," ujar Pragiyono.

Pihaknya mengaku sangat kaget dengan aksi terpidana ini. Alasannya, selama menjalani proses asimilasi juga selaku tertib dan baik-baik saja.

"Entah kepikiran apa dia sampai nekat melakukan ini, Sebelumnya juga tidak ada tanda-tanda keanehan dan sebagainya. Atau bagaimana hingga dia kabur, juga kami masih belum bisa memastikan. Kami masih terus berupaya mencari keberadaannya," sambung dia.

Dalam poencarian yang dilakukan, pihaknya juga  sudah berkordinasi dengan aparat Kepolisian. Termasuk dengan Polsek Porong dan Polsek tempat asal napi Jidi. Pihaknya berharap, dalam waktu dekat bisa mendapatkannya kembali.

Terpisah, Kapolsek Porong Kompol Adrial mengaku sudah mendapatkan Laporan terkait kaburnya narapidana di Lapas Porong tersebut. Pihaknya juga sudah melakukan pencarian.

"Kami diminta bantuan untuk pencarian. Dan sejauh ini dinyatakan hilang sejak Sabtu siang. Smpat dicari ke beberapa area lapas namun tidak dapat menemukannya dan akhinya dinyatakan kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEORANG SOPIR TRUK BATU BARA MENDADAK TEWAS DI WARUNG KOPI

SEORANG SOPIR TRUK BATU BARA MENDADAK TEWAS DI WARUNG KOPI  Hingga saat ini penyebab meninggalnya sopir truk batu bara, Rudi (54) di Ke...