Selasa, 29 Januari 2019

BBKSDA SUMUT MENGEVAKUASI 2 EKOR LUMBA-LUMBA YANG TERSESAT DISUNGAI KUALUH

BBKSDA SUMUT MENGEVAKUASI 2 EKOR LUMBA-LUMBA YANG TERSESAT DISUNGAI KUALUH

BBKSDA SUMUT MENGEVAKUASI 2 EKOR LUMBA-LUMBA YANG TERSESAT DISUNGAI KUALUH

AGEN POKER Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumur masih berusaha untuk mengevakuasi 2 ekor lumba-lumba yang tersesat di Sungai Kualuh, Labuhan Batu Utara (Labura). Mereka mendatangkan tim ahli dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) untuk membantu upaya itu.

"Kami sudah minta tim ahli dari JAAN untuk membantu evakuasi 2 ekor lumba-lumba itu," kata Hotmauli Sianturi, Kepala BBKSDA Sumut, pada hari Selasa (29/1/2019).

Tim ahli yang didatangkan itu diharapkan dapat memberi solusi cara evakuasi kedua lumba-lumba itu. "Kita survei dulu di lapangan sehingga diketahui bagaimana cara kita melakukan penggirigan terhadap dua ekor lumba-lumba itu. Setelah itu baru tindakan apa yang harus dilakukan," jelasnya.

Mengenai kondisi terkini, Hotmauli mengatakan, kedua ekor lumba-lumba itu sudah berpindah semakin kehulu Sungai. Keberadaannya masih menjadi tontonan warga sekitar. "Mereka bergerak terus. Petugas kita teta membantu pergerakannya. Kita berkoordinasi dengan warga dan pihak kepolisian agar mereka jangan sampai terganggu," ungkap Hotmauli.

Seperti diberitakan , 2 ekor ikan lumba-lumba muncul di Sungai Kualuh, sekitar Dusun II Ramean, Desa Kuala Beringin, Kualuh Hulu, Labuhan Batu Utara (Labura), Sumut. Kemunculan dua mamalia itu menjadi tontonan masyarakat sekitar sejak Minggu (27/1/2019).

Sejumlah warga mengabadikan dua ekor lumba-lumba itu, bahkan yang turun ke sungai sambil memegang telepon pintar. Video dan gambar mamalia di Sungai Kualuh itu pun banyak dibagikan dimedia sosial. BBKSDA Sumut menduga kedua ekor ikan lumba-lumba itu tersesat. Mamalia itu ditengarai terbawa air pasang laut sampai pada akhirnya terjebak di Sungai Kualuh. Karenanya, keduanya akan dievakuasi kembali ke laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEORANG SOPIR TRUK BATU BARA MENDADAK TEWAS DI WARUNG KOPI

SEORANG SOPIR TRUK BATU BARA MENDADAK TEWAS DI WARUNG KOPI  Hingga saat ini penyebab meninggalnya sopir truk batu bara, Rudi (54) di Ke...